5 Manfaat Mengonsumsi Bunga Lavender yang Diolah Menjadi Teh, Sangat Luar Biasa bagi Kesehatan

Senin 08-01-2024,21:00 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : M Raihan Putra

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui  5 manfaat dari mengkonsumsi bunga lavender yang dapat diseduh menjadi Teh, khasiatnya sangat luar biasa bagi kesehatan. Berikut ulasan selengkapnya.

Bunga lavender merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam keluarga mint,selain bentuknya yang cantik aroma bunganya juga manis. Bahkan disebut sebagai salah satu tanaman terwangi di dunia.

Lavender atau dengan nama latin Lavandula officinalis ini sudah ada sejak 2.500 tahun lalu. Berasal dari Mediterania, Timur Tengah, India.

Masyarakat sering menggunakan bunga ini sebagai obat herbal guna mengobati berbagai masalah kesehatan.

BACA JUGA:Viral, Bobby Nasution Menantu Presiden Jokowi Diduga Selingkuh dengan TikToker, ini Sosok Wanita Inisial C

Khasiat tersebut berasal dari senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai agen anti peradangan yang bekerja aktif untuk mengurangi rasa sakit. Disamping itu, kandungan linalool dalam tanaman ini juga efektif untuk mengurangi kecemasan. 

Tanaman ini dapat digunakan untuk membuat sabun dan produk kesehatan kulit. Selain itu, lavender juga dapat dijadikan sebagai Teh.

Lavender sebagai the biasanya digunakan sebagai campuran untuk menambahkan aroma bunga yang menenangkan.

Teh lavender memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk adan, mengutip dari berbagai sumber, sebagai berikut.

BACA JUGA:Inilah Closing Statement Lengkap Capres di Debat Ke-3 Pilpres 2024

5 Manfaat Mengonsumsi Teh Lavender

1. Melancarkan Pencernaan 

Manfaat bunga lavender yang pertama, yakni teh bunga lavender dapat meredakan masalah pencernaan seperti diare, mual, dan kram perut.

Hal itu diperoleh dari efek antispasmodic pada teh lavender yang dapat mengurangi ketegangan otot pencernaan sehingga mengatasi kembung dan nyeri perut.

BACA JUGA:Cek Fakta, Anies Singgung Prabowo Terkait Anggaran Kemenhan Rp700 Triliun untuk Beli Alutsista Bekas

Kategori :