5 Cara Mudah Melatih Mental, Asah Mental Anda Agar Tidak Bermental Lemah

Senin 30-10-2023,16:30 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : M Raihan Putra

Agar tetap seimbang, kamu pastinya harus menyelesaikan emosi dan logika, dan ini pun menjadi cara melatih mental lainnya yang tidak kalah efektif untuk kamu coba.

Artinya, sekecil apapun kamu mengambil keputusan dalam hidup, pastikan kamu sudah menyeimbangkan logika dan emosi, sehingga tidak ada salah satu yang lebih dominan dari lainnya.

Terlalu bersemangat, marah, atau cemas bisa membuat kamu mengambil keputusan hanya berdasarkan emosi yang sedang kamu rasakan saat itu. Alhasil, lebih baik kamu menuliskan apa saja yang menjadi sisi positif dan negatif setiap kali hendak mengambil keputusan.

BACA JUGA:Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Mental, Sayangi Dirimu!

5. Lihat pikiran Negatif dari Sisi yang Positif

Tak jarang, diri kamu penuh dengan pikiran-pikiran yang negatif. Namun, justru dirimu tidak mau melihat bahwa ada hal yang positif jika kamu tidak mengubah sudut pandang ke arah tersebut.

Misalnya, kamu selalu berpikir bahwa semua usaha yang kamu lakukan tidak pernah memberikan hasil. Alih-alih berpikir demikian, kamu bisa menggantinya dengan pikiran yang lebih positif, seperti kerja keras dan berlatih lebih keras lagi bisa membuat kamu lebih berpeluang untuk berhasil.

Dengan begitu, pikiran negatif bisa segera terhempas dan tidak membuat kamu terpuruk lebih dalam lagi. Begitulah kira-kira cara melatih mental agar selalu kuat yang dapat kamu praktikkan.

BACA JUGA:Hari Kesehatan Mental Dunia 2023, Berikut ini Sejarah Singkatnya

Nah, demikianlah ulasan terkait 5 cara agar mental kamu selalu kuat dan tidak menjadi orang yang bermental lemah. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :