5 Cara Mudah Melatih Mental, Asah Mental Anda Agar Tidak Bermental Lemah

Senin 30-10-2023,16:30 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : M Raihan Putra

Bahkan, setiap kamu berhasil mencapainya, kamu akan merasa lebih percaya pada kemampuan diri sendiri. 

Kamu juga akan lebih mudah untuk mengidentifikasi tujuan yang tidak terlalu menantang. Selain itu, ada dua pilihan yang sebaiknya tidak kamu lanjutkan karena terlalu tinggi dan tidak masuk akal.

2. Lakukan hal sulit setidaknya sekali setiap hari

Peningkatan tentu tidak bisa kamu dapatkan begitu saja. Pastinya, kamu harus memberikan tantangan pada diri sendiri sesuai dengan kemampuan dan batasan diri.

BACA JUGA:Peduli Kesehatan Mental, Mengenal Apa Itu Bipolar Disorder?

Untuk itu, tak ada salahnya untuk mencoba sesuatu hal yang baru dan sedikit keluar dari zona nyaman. Jika memang memungkinkan, kamu bisa mencobanya setiap hari dari hal yang sederhana.

Tanpa rasa percaya pada kemampuan diri bahwa kamu bisa melakukannya, tentu hal tersebut tidak akan bisa terwujud. Jadi, beranilah untuk memulai dan yakinkan bahwa sesuatu yang baru itu selalu sulit pada awalnya, tetapi tidak lagi setelah terbiasa menjalaninya.

3. Coba Terapkan Aturan 10 Menit 

Sederhananya aturan ini sangat berguna kalau kamu tergoda untuk menunda melakukan aktivitas yang sebenarnya penting dan harus segera kamu selesaikan.

BACA JUGA:Indonesia Darurat Kesehatan Mental, Kasus Bunuh Diri Meningkat Terus

Ketika kamu mengalaminya, kamu bisa berkata pada diri sendiri bahwa toleransi hanya berlangsung selama 10 menit. Apabila pikiran kamu masih bertentangan dengan tubuh setelah 10 menit berlalu, maka tidak apa untuk berhenti sejenak.

Namun, seringkali daripada tidak pernah, saat kamu memutuskan untuk bergerak setelah 10 menit, tugas menjadi lebih cepat selesai karena ternyata tidak sesusah yang kamu perkirakan.

4. Logika dan Emosi yang Harus Seimbang

Selalu mengutamakan logika bisa membuat hidup kamu menjadi lebih monoton dan membosankan. Kamu jadi tidak punya kesenangan, waktu senggang, bahkan tidak merasakan cinta.

BACA JUGA:Sadari Pentingnya Kesehatan Mental, Inilah Tanda Kesehatan Mental Seseorang yang Mengalami Kekacauan

Meski begitu, kalau kamu mengutamakan emosi dalam hidup, bisa jadi kamu akan mengisi waktu hanya untuk bersenang-senang.

Kategori :