4. Keterampilan Mengadakan Variasi.
Dalam kegiatan pembelajaran, pengertian variasi merujuk pada tindakan dan perbuatan guru, yang disengaja ataupun secara spontan, yang dimaksudkan untuk memacu dan mengikat perhatian siswa selama pelajaran berlangsung.
Tujuan utama guru mengadakan variasi dalam kegiatan pembelajaran untuk mengurangi kebosanan siswa sehingga perhatian mereka terpusat pada pelajaran.
Ada 3 kelompok pokok komponen-komponen keterampilan.
Pertama variasi dalam cara/gaya mengajar guru. Kedua Variasi dalam penggunaan media dan alat pengajaran. Ketiga variasi pola interaksi dan kegiatan siswa.
5. Keterampilan Menjelaskan.
BACA JUGA:Berikan Kesan yang Indah, Berikut 6 Tips Merawat Tanaman Hias Bunga di Pekarangan Rumah
Yang dimaksud dengan ketrampilan menjelaskan adalah penyajian informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematik untuk menunjukkan adanya hubungan yang satu dengan yang lainnya.
Keterampilan untuk menjelaskan sangat penting dimiliki para guru karena menjadi kunci utama dalam mengajar.
Setidaknya ada 2 komponen ketrampilan menjelaskan harus dimiliki guru.
Yakni merencanakan, hal ini mencakup penganalisan masalah secara keseluruhan.
BACA JUGA:Tubuhnya yang Mungil, Harga Satu Ekornya Ratusan Hingga Ribuan Dolar, ini Cara Merawat Ayam Serama
Serta penentuan jenis hubungan yang ada diantara unsur-unsur yang dikaitkan dengan penggunaan hukum, rumus yang sesuai dengan hubungan yang telah ditentukan.
Selanjutnya penyajian suatu penjelasan, dengan memperhatikan hal-hal.
Kejelasan, penggunaan contoh dan ilustrasi, pemberian tekanan, dan penggunaan balikan.