5 Buah Ini Bagus Untuk Dikonsumsi Saat Polusi Udara

Senin 11-09-2023,08:36 WIB
Reporter : Ade Suryani
Editor : M Raihan Putra

LINGGAUPOS.CO.ID – Konsumsi buah bagus untuk kesehatan, termasuk menangkal efek buruk polusi udara. Berikut beberapa buah yang bagus dikonsumsi saat polusi udara.

Buah mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan. Sifatnya mampu mengurangi efek buruk dari polusi udara pada kebanyak orang.

Buah yang dikonsumsi saat polusi udara ini disebut-sebut mengandung fitokimia. Fitokimia adalah sekelompok besar senyawa yang diproduksi dan disimpan tanaman dibeberapa buah dan sayuran.

Zat seperti antioksidan, flavonoid, fitonutrien, dan jenis fitokimia lainnya dapat memberikan efek besar pada sistem kekebalan tubuh kita dan juga memperkuat sistem otot, peredaran darah, dan sistem lain di dalam tubuh.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Kesehatan Mental Bisa Mempengaruhi Kesehatan Fisik

Untuk melindungi diri dari meningkatnya polusi udara, tak cukup hanya dengan pakai masker saja. Kamu juga perlu mengkonsumsi buah-buahan agar daya tahan tubuh juga harus diperkuat lewat asupan makanan yang dikonsumsi.

Polusi udara berasal dari  berbagai sumber. Mulai dari asap kendaraan, asap rokok, freon dari lemari pendingin maupun AC, hingga asap pembakaran sampah.

Sumber-sumber itulah yang mengeluarkan beberapa partikel kimia berbahaya untuk tubuh, seperti karbon monoksida, sulfur dioksida, dan nitrogen oksida.

Jika hal ini terus terjadi dalam waktu lama, maka zat kimia tersebut akan menyebabkan kerusakan di berbagai sel dalam tubuh.

BACA JUGA:4 Tips Agar Berhenti Kecanduan Rokok, Cukup Lakukan Ini

Sebagaimana dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari laman klikdokter.com ini dia jenis buah-buahan yang dipercaya bisa melawan efek buruk polusi udara, berikut informasinya.

Jeruk kaya akan vitamin C yang membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dianggap meningkatkan produksi sel darah putih, yang bertugas melawan infeksi.

Jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan adalah 75 miligram untuk wanita dan 90 miligram untuk pria. Jika memilih suplemen, hindari mengkonsumsi lebih dari 2.000 miligram vitamin C dalam sehari.

2. Pepaya

Satu buah pepaya kecil dapat mengandung 100% dari jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang bersifat anti-inflamasi.

BACA JUGA:Kenali Manfaat dan Cara Membuat Masker Wajah dari Buah Alpukat

Tak sampai disitu, pepaya turut menyediakan sejumlah potasium, magnesium, dan folat. Yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Kiwi

Seperti pepaya, kiwi kaya akan nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C berperan meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi lain dalam kiwi menjaga seluruh tubuh agar tetap berfungsi dengan baik.

4. Semangka

Buah ini terdapat banyak gizi yang tinggi, karena diperkaya oleh berbagai nutrisi penting seperti, vitamin sebanyak 21% dari kebutuhan tubuh, vitamin A sebanyak 18% dari kebutuhan tubuh, kalium sebanyak 5% dari kebutuhan tubuh, magnesium sebanyak 4% dari kebutuhan tubuh serta vitamin B1, B5 dan B6 sebanyak 3%.

BACA JUGA:Ketahui, ini Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

5. Pir

Buah pir memiliki kandungan vitamin C yang terkandung didalamnya. Vitamin C diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam satu buah pir ternyata juga mengandung 24% rekomendasi serat yang dibutuhkan tubuh. Buah pir juga bebas lemak, kolesterol, dan sodium.

Itulah 5 buah rekomendasi untuk menjaga kesehatan tubuh saat polusi udara maupun menjaga stamina tubuh, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :