Waspada! 5 Hewan Ini Miliki Sengatan Paling Menyakitkan di Dunia

Senin 27-02-2023,21:39 WIB
Editor : Mustofa Kamal

BACA JUGA:Jadwal Piala AFC U20 2023: Timnas Indonesia U20 vs Timnas Irak U20, Tayang Dimana?

Seorang ahli entomologi bernama Justin Schmidt, yang menciptakan Sting Pain Index pernah merasakan sengatan semut ini secara langsung dan menggambarkannya sebagai "rasa sakit yang murni dan intens, seperti berjalan di atas arang yang menyala dengan paku sepanjang 3 inci yang tertancap di tumit Anda."

Semut peluru biasa ditemukan di Amerika Selatan. Rasa sakit sengatan semut ini kabarnya bisa bertahan selama 24 jam, walaupun tidak berakibat fatal dan tidak menyebabkan kerusakan permanen.

  • Ikan Pari

Ikan pari menjadi perbincangan dunia saat sengatannya membunuh seorang ahli satwa ternama, Steve Irwin. Ikan pari memiliki duri tajam yang mengandung racun di ekornya, dan sebagian besar cedera pada manusia terjadi ketika seseorang secara tidak sengaja menginjaknya.

Efek sengatan ikan pari biasanya terjadi dalam waktu enam sampai 48 jam dan jarang berakibat fatal. Meski demikian, gejala yang dirasakan termasuk kesulitan bernapas, berkeringat, kram otot, pendarahan, kejang, dan nyeri dada.

BACA JUGA:PREVIEW Arema FC vs Persik Kediri: Liga 1 2023, Derby Jatim Live TV Apa?

  • Tarantula Hawk (Tarantula Hawk)

Tarantula hawk adalah serangga sejenis tawon yang memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Serangga ini adalah salah satu serangga dengan sengatan paling menyakitkan.

Menurut Schmidt Sting Pain Index (skala rasa sakit yang menilai rasa sakit relatif yang disebabkan oleh beberapa sengatan serangga), sengatan tarantula hawk ini menempati urutan kedua sebagai sengatan paling menyakitkan yang pernah diukur.

  • Platipus

Binatang unik ini memang terlihat menggemaskan, tetapi jarang yang tahu bahwa mamalia satu ini memiliki sengat beracun di pergelangan kakinya yang jika terkena manusia, rasa sakitnya benar-benar sangat menyiksa. 

Platipus yang memiliki sengat beracun adalah platipus berparuh bebek. "Tendangan"nya yang cukup kuat ditambah sengatan ini bisa berakibat fatal bagi sejumlah hewan termasuk anjing.

BACA JUGA:Liga 1: Prediksi RANS Nusantara vs Persebaya Surabaya, Keluar dari Situasi Buruk

Jadi, jangan tertipu dengan wujudnya yang menggemaskan.*

Kategori :