Formula 1 Meksiko : Verstappen Toreh Rekor 14 Kemenangan Semusim

Senin 31-10-2022,21:15 WIB
Editor : Mustofa Kamal

LINGGAUPOS.CO.ID - Max Verstappen meraih kemenangan ke-14 di Formula 1 2022 usai finis terdepan dalam balapan GP Meksiko yang berlangsung di Autódromo Hermanos Rodríguez, Senin 31 Oktober 2022 pagi WIB. Hasil ini membuatnya mengalahkan rekor yang pernah dibuat Michael Schumacher dan Sebastian Vettel di masa lalu.

Verstappen yang start di grid terdepan hanya kehilangan posisinya saat melakukan pit stop, namun segera kembali mendapat posisi tersebut saat rivalnya melakukan hal serupa.

BACA JUGA:Dani Alves : Kembali ke Barcelona, Demi Brasil dan Piala Dunia 2022

Strategi ban soft yang berganti menjadi medium di tengah balapan terbukti ampuh untuk menjauh dari kejaran. Verstappen menuntaskan 71 lap dengan catatan waktu 1 jam 38 menit 36,729 detik, unggul 15,186 detik dari Hamilton di urutan kedua, yang memakai ban medium kemudian hard.

Melengkapi podium tiga besar yakni pebalap tuan rumah, Sergio Perez yang menorehkan waktu 1 jam 38 menit 54,826 detik. George Russell yang start di posisi dua finis di urutan empat dengan selisih nyaris 50 detik dari Verstappen, namun mencatat fastest lap 1 menit 20,153 detik.

BACA JUGA:Pol Espargaro : Aleix dan Aprilia Tampil Super

Duo Ferrari, Carlos Sainz Jr dan Charles Leclerc tampil kurang menggigit di balapan ini dan hanya mengunci posisi 5-6. Melengkapi 10 besar secara berturut-turut yaitu Daniel Ricciardo, Esteban Ocon, Lando Norris, dan Valtteri Bottas.

Hasil ini membuat Verstappen mencetak rekor kemenangan terbanyak dalam semusim, yakni 14 kali. Ini belum terjadi sebelumnya. Di masa lalu, Schumacher dan Vettel paling banyak 'hanya' meraih 13 kemenangan dalam semusim.

BACA JUGA:Percepat KLB, PSSI Tunggu FIFA

Pembalap asal Belanda yang sudah mengunci gelar dunia di GP Jepang ini diikuti pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, di posisi kedua, dan pembalap Oracle Red Bull Racing lainnya sekaligus tuan rumah, Sergio Perez, di posisi ketiga.

Sementara itu posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pembalap Mercedes AMG Petronas, George Russell, dan pembalap Scuderoa Ferrari, Carlos Sainz jr.

BACA JUGA:Ada 4 Rider Kandidat Peraih Penghargaan Aksi Salip Terbaik, Siapa Mereka..?

 

 

Dengan sisa dua balapan di Brasil dan Abu Dhabi, maka peluang Verstappen memperpanjang rekornya masih terbuka lebar.(*)

Kategori :