Wow! Ini Daftar Stasiun Gunakan Cek Tiket Pakai Scan Wajah, Gak Perlu Tunjukan Tiket Lagi

Wow! Ini Daftar Stasiun Gunakan Cek Tiket Pakai Scan Wajah, Gak Perlu Tunjukan Tiket Lagi

KAI telah menggunakan teknologi baru dan mengumumkan daftar stasiun gunakan cek tiket pakai scan wajah. -pmj---

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Wow, bagi anda yang menggunakan jasa alat transportasi Kereta Api (KA).

Kini PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menggunakan teknologi baru dan mengumumkan daftar stasiun gunakan cek tiket pakai scan wajah sehingga anda tidak perlu menunjukkan tiket lagi.

Dengan teknologi scan wajah, calon penumpang kereta tidak perlu lagi tunjukan tiket Cek tiket saat check in di stasiun. 

Penerapan teknologi Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Gambir yang berlaku mulai Rabu 17 Mei 2023 terdapat 4 Boarding Gate dengan teknologi Face Recognition di area hall selatan Stasiun Gambir.

BACA JUGA:Mbah Kerto, Jemaah Haji Usia 105 Tahun atau Tertua di Sumsel, Titip Pesan untuk Gubernur

BACA JUGA:Keluyuran di Seputaran Lokasi STQH Sumsel di Lubuklinggau, Warga Muratara Ditangkap Tim Macan Linggau

Menurut pihak KAI, Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding pada area pemeriksaan tiket yang dilengkapi dengan kamera dan berfungsi untuk mengidentifikasi serta memvalidasi indentitas seseorang melalui pindai wajah.

“Data pindai wajah tersebut sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta milik penumpang yang ada pada sistem boarding KAI,” terang Eva Chairunisa selaku Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta.

Menurut Eva, dengan demikian penumpang yang boarding melalui Face Recognition Gate tidak perlu lagi menunjukan KTP atau bukti print tiket.

Dalam mendapatkan fasilitas tersebut, pelanggan KAI cukup melakukan satu kali registrasi atau pendaftaran nantinya akan berlaku seterusnya termasuk saat berada di stasiun lain yang sudah memiliki fasilitas Face Recognation Boarding Gate.

BACA JUGA:Jadwal Lengkap Keberangkatan Jemaah Haji Sumsel Babel, Mulai Masuk Asrama Haji Hingga Keberangkatan

BACA JUGA:Jam 10 Pagi Ini Sumpah Pocong Pemuda yang Dituduh Berbuat Cabul

Proses registrasi dapat dilakukan pada mesin Check In Counter (CIC) atau melalui petugas layanan khusus yang berada di area hall selatan Stasiun Gambir.

Akan tetapi proses registrasi tidak dapat diwakili, di mana syaratnya cukup membawa e-KTP.

Saat proses registrasi dapat langsung dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada perangkat Reader kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader.

Salah satu kemudahan dengan sistim ini, di mana jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass.

BACA JUGA:UKW Gratis di Samarinda: Wartawan Harus Berpihak Pada Kebenaran dan Kepentingan Publik

BACA JUGA:Jemaah Haji Rayakan Idul Adha di Arab Saudi Pada 28 Juni 2023, Berikut Rencana Perjalanan Haji 2023

Pelanggan dapat langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate jika waktu untuk boarding sudah dapat dilakukan. 

“Carannya sangat mudah, arahkan wajah ke mesin pemindai dan jika data tiket, identitas, dan syarat lainnya sudah sesuai, maka gate akan otomatis terbuka,” tuturnya.

Selain di Stasiun Gambir, Face Recognition Boarding Gate juga sudah terpasang di Stasiun Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang dan Solo Balapan.

Bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP seperti pelanggan anak atau e-KTP nya dalam keadaan rusak tidak perlu khawatir, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui petugas layanan yang tersedia, selain itu KAI juga masih menyediakan layanan boarding manual di Stasiun Gambir.

BACA JUGA:Aksi Bejat! Pedagang Jasuke Cabuli 2 Anak, Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara

BACA JUGA:Kuota Haji Berkurang, 1 JCH OKI Meninggal Dunia

Penerapan Face Recognition Boarding Gate diharapkan semakin mempermudah pelanggan dalam melakukan perjalanan karena proses boarding akan jauh lebih cepat, praktis dan tidak memerlukan verifikasi berkas manual.(disway.id)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: