Pilkades Musi Rawas Rawan Konflik, Polisi Berikan Pengawasan di 2 Daerah

Pilkades Musi Rawas Rawan Konflik, Polisi Berikan Pengawasan di 2 Daerah

Doa bersama untuk Pilkades aman di Musi Rawas--

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Musi Rawas yang akan dilaksanakan Rabu 8 Maret 2023, rawan konflik.

Khususnya di dua desa yang jumlah bakal calon (balon) lebih dari 5, sehingga harus dilakukan proses seleksi oleh panitia.

Seperti di Desa Pedang Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas, Dedi Ansori, salah seorang bakal calon kades, awalnya lolos seleksi panitia, namun kemudian dianulir.

Kuasa Hukum Dedi Ansori, Abdul Aziz SH mengatakan, kliennya awalnya rangking 2 hasil seleksi. Tiba-tiba keluar surat baru, bahwa kliennya tidak lolos menjadi nomor urut 6, sehingga tidak lolos.

BACA JUGA:Gadis 18 Tahun di Lubuklinggau Ketakutan, Dini Hari Tetangga yang Residivis Masuk ke Dalam Rumah

“SK penetapan pertama tidak pernah dibatalkan, kemudian panitia pilkades mengeluarkan SK penatapan kedua,” kata Abdul Aziz sambil menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan perlawanan.

Sementara itu, Polres Musi Rawas juga sudah memprediksi ada 2 desa yang melaksanakan Pilkades dinilai rawan konflik.

Ke-2 desa tersebut, Desa Surodadi Kecamatan Tugumulyo dan Desa Pedang Kecamatan Muara Beliti. Dua desa ini menjadi perhatian khusus Polres Musi Rawas.

Kapolres Musi Rawas, AKB Ahmad Danu Agus Purnomo mengaku kondisi ini mereka ketahui setalah melakukan pemetaan desa rawan konflik.

BACA JUGA:Ciptakan Generasi Berakhlakul Karimah, SIT Mutiara Cendekia Lubuklinggau Gelar Seminar Parenting

“Desa Surodadi Kecamatan Tugumulyo dan Desa Pedang Kecamatan Muara Beliti kita nilai rawan koflik, karena saat pemetaan di dua desa tersebut jumlah calon yang mendaftar lebih dari 5 calon,” ungkapnya.

Sementara itu berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Pilkades Serentak 2023 disebutkan bahwa jumlah calon kades maksimal 5 calon.

“Selain di dua desa ini, ada beberapa desa lain yang dianggap rawan konflik,” katanya.

Menurut Kapolres seluruh personil Polres Musi Rawas dan dibantu anggota TNI Kodim 0406/Lubuklinggau akan mengawal pelaksanaan Pilkades serentak dilaksanakan di 59 desa.

BACA JUGA:Tim Keamanan PT PHML Tangkap Pencuri TBS, itu Orangnya

“Kami akan mengerahkan seluruh porsonil Polres Musi Rawas dan dibantu TNI Kodim 0406 untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ucapnya.

Kapolres Danu meminta kepada panitia Pilkades agar melaksanakan Pilakdea sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meminimalisir terjadi terjadinya ketidak puasan.

“Atau cela-cela potensi kerawanan akibat tidak diikut sertakan Pilkades 2023,” pintanya.

Kapolres menegaskam Polres Musi Rawas akan melaksanakan cipta kondisi dan patroli sekala besar selain personel Polres Musi Rawas juga personel yang ada di Polsek.

BACA JUGA:Info Terbaru Pembangunan Tol Lubuklinggau, Terkendala Tuntutan Ganti Rugi

Ia menghimbau masyarakat tidak membawa senjata tajam (Sajam) atau benda-benda lain ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) karena bisa mengganggu proses kontestasi Pilkades di Kabupaten Musi Rawas.

“Kami akan melakukan operasi cipta kondisi. Kami akan menciptakan bagaimana kondisi yang ada di masyarakat kondusif. Calon kades, masyakarakat dan simpatisan calon kades harus mematuhi ketentuan yang berlaku,” paparnya.

Kapolres juga meminta masyarakat bersama-sama menjaga Kamtibmas, tidak berbuat anarkis atau berbuat tidak sesuai kentuan hukum.

“Jika ada hal-hal yang tidak memuaskan agar dilakukan proses sesuai dengan ketentuan hukum,” pintanya.

BACA JUGA:Si Kecil Diberikan Susu Formula yang Gak Sesuai Umur, Ini Akibatnya!

Kapolres mengaku mengawal pelaksanaan tahapan Pilkades sejak dari awal.

Intensitas pengawasan semakin intens dilakukan mulai dari penetapan Calon Kades, pengundian nomor urut, masa tenang, cetak kertas suara, pemungutan suara hingga penetapan calon terpilih bahkan hingga dilantiknya Kades terpilih.

Selain itu, untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak Polres Musi Rawas mengadakan doa bersama di Ponpes Wali Songo Desa F Trikoyo Kecamatan Tugumulyo, kemarin.

Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud hadir dalam acara tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: linggaupos.bacakoran.co