Pelatihan Table Manner IWAKA Universitas Musi Rawas Sukses Digelar

Pelatihan Table Manner IWAKA Universitas Musi Rawas Sukses Digelar

Ketua Ikatan Wanita Keluarga (IWAKA) Universitas Musi Rawas, Dr Ir Hj Lifianthi Mulyana, MSi foto bersama usai Pelatihan Table Manner (etika dan tata cara makan) yang di selenggarakan di Hotel Dafam Linggau, Selasa 14 Februari 2023--

 

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Etika dan tata cara jamuan makan atau biasa disebut dengan table manner, merupakan aturan yang harus dilakukan saat bersantap bersama di meja makan.

 

Memahami pentingnya kegiatan ini, Ikatan Wanita Keluarga (IWAKA) Universitas Musi Rawas (UNMURA) menggelar Table Manner (etika dan tata cara makan) yang di selenggarakan di Hotel Dafam Linggau, Selasa 14 Februari 2023 Pukul 10.00 Wib hingga Pukul 13.00 Wib.


Suasana pelatihan Table Manner (etika dan tata cara makan) yang di selenggarakan di Hotel Dafam Linggau, Selasa 14 Februari 2023--

 

Hadir sebagai narasumber General Manager Hotel Dafam Linggau, Adin Jumiadi diwakili Food and Beverage Manager, Toni Haryawan dan diikuti seluruh pengurus dan anggota IWAKA Universitas Musi Rawas.

 

Ketua Ikatan Wanita Keluarga (IWAKA) Universitas Musi Rawas, Dr Ir Hj Lifianthi Mulyana, MSi kepada LINGGAUPOS.CO.ID menjelaskan kegiatan Table Manner ini adalah salah satu kegiatan program kerja di bidang pendidikan organisasi IWAKA Universitas Musi Rawas.

BACA JUGA:Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja, SMPN 2 Lubuklinggau Datangkan Ketua TP PKK dan Psikolog

 

"Pelatihan ini memang perlu di lakukan mengingat manfaat dari pelatihan ini dapat memberikan ilmu yang sangat berguna yang berkaitan dengan etika dan tata cara makan yang selama ini mungkin kita tidak tahu tata cara makan itu seperti apa," kata Hj Lifianthi Mulyana.

 

Kemudian, Ibu-ibu IWAKA UNMURA bisa memahami apa manfaat dan kegunaan dari peralatan makanan yang disiapkan, seperti piring, gelas, sendok, garpu dan pisau dan juga tata cara duduk di meja makan.

 

Hj Lifianthi Mulyana menambahkan selain itu kita tahu bahwa di dalam kita makan itu ada tahapan yang harus kita lakukan, yakni di mulai dengan makanan pembuka (appitizer), makanan utama (main course) dan makanan penutup (dessert).

 

"Artinya tahapan itu yang kita pelajari, mulai dari menunya, bagaimana cara makannya sehingga inilah yang memberikan gambaran dan pengetahuan untuk Ibu-ibu IWAKA UNMURA," ungkapnya.

BACA JUGA:Begini Caranya Download Video dan Gambar Instagram Tanpa Aplikasi

 

"Siapa tahu Ibu-ibu diberikan kesempatan diacara-acara tertentu seperti gala dinner, kegiatan Confference Internasional yang kadang-kadang etika dan tata cara makanan seperti ini pasti akan kita temui, dengan pelatihan sekaligus praktek  secara tidak langsung kita bisa memperoleh pengetahuan dan belajar bagaimana etika dan tata cara dan tertib makan.

 

"Kegiatan Ini juga sekaligus kegiatan rutin, pertemuan dua bulanan, sekaligus kegiatan arisan. Pelatihan merupakan kegiatan pelatihan yang pertama, ke depan masih banyak program pelatihan yang bisa diikuti oleh Ibu-ibu," jelasnya.

 

"Untuk peserta pelatihan berjumlah 45 orang, semuanya itu Ibu-ibu dari karyawati,  dosen, isteri karyawan dan dosen  Universitas Musi Rawas," ujarnya.

 

Harapan kedepannya kita masih ada program pelatihan yang banyak akan kita lakukan di tahun 2023 ini dengan kita sudah menyusun Program-program bukan hanya Table Manner saja tetapi mungkin ada pelatihan seperti public speaking, pelatihan bagaimana berbusana yang baik dan kegiatan bakti sosial.

BACA JUGA:Bupati Hj Ratna Machmud Buka Musrenbang Kecamatan Muara Beliti, Ini Isu Strategis yang Dibahas

 

Sementara itu Food and Beverage Manager, Toni Haryawan mengatakan,"Untuk durasi acara berlangsung hampir 2 jam, respon dari 45 peserta table manner sangat antusias,"katanya.

 

"Dimulai dari pengenalan hotel dan fasilitasnya, lalu dilanjutkan pengenalan mengenai step makanan juga alat-alat yang digunakan, teori sekaligus praktek mulai dari appetizer atau makanan pembuka yakni soft roll bread, Fruit Salad, Mushroom cream soup," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: