Ngiler saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ngiler saat Tidur? Ini Penyebabnya

Alasan Seseorang Mengiler Saat Tidur---Freepik--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID  - Tidur ngiler juga menjadi keluhan banyak orang, mungkin termasuk Anda.

Tidur ngiler juga menjadi keluhan banyak orang, mungkin termasuk Anda. Sebenarnya, keluarnya air liur dari mulut saat tidur adalah hal yang sangat normal. Pasalnya, mulut akan terus memproduksi air liur atau saliva, bahkan saat kita tertidur. Nah, penyebab ngiler saat tidur biasanya karena mulut yang terbuka ketika itu.

Meskipun kelihatannya sepele, kebiasaan tidur ini bisa membuat Anda minder jika orang lain mengetahuinya.

Tak hanya itu, mulut yang mengeluarkan air liur saat tidur ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Jadi, mari pelajari lebih dalam tentang kebiasaan tidur ini.

BACA JUGA:Begini Caranya Download Video dan Gambar Instagram Tanpa Aplikasi

Kalian pastinya sudah pada tahu kalau ada beberapa masalah dan gangguan yang bisa saja dialami oleh setiap orang ketika dirinya sedang tidur.

Mulai dari mengeluarkan iler, mendengkur, hingga menggesek giginya.

Dari ketiga masalah tersebut, yang paling membuat kesal dan paling menjadi masalah adalah iler. Karena, selain membuat seseorang menjadi malu, iler yang menempel pada bantal atau kasur juga, bisa membuatnya menjadi bau. Karena itulah ada banyak orang yang tidak suka dengan hal ini.

Bahkan, walaupun iler dari seseorang itu sendiri sudah hilang atau tidak lagi terdapat baik di bantal, guling, maupun kasur, baunya masih tidak mau hilang sehingga membuat tidur menjadi lebih tidak nyaman lagi. Kami yakin pasti kalian ada banyak yang pernah mengalami hal seperti ini bukan?

BACA JUGA:Bupati Hj Ratna Machmud Buka Musrenbang Kecamatan Muara Beliti, Ini Isu Strategis yang Dibahas

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan seseorang bisa ngiler saat tidur? Atau mungkin iler sendiri adalah salah satu tanda dari suatu penyakit yang berbahaya? Untuk kalian yang penasaran, simak penjelasan kami berikut ini.

Penyebab Ngiler

Melansir melalui suatu kajian ilmiah yang diterbitkan di British Journal of Medical Pratitioners, terdapat penjelasan mengenai ngiler yang juga disebut sebagai salah satu reaksi alami dari tubuh seseorang, ketika air liur yang dimilikinya sudah mulai berlebihan.

Ketika hal tersebut terjadi, sudah pasti mulut seseorang tidak akan dapat menampungnya hingga akhirnya mengeluarkannya dan menjadi iler.

BACA JUGA:Keren, Emak-emak di Lubuklingau Juara Gaple Kapolres Cup

Atau, terdapat suatu disfungsi koordinasi mulur seseorang ketika dirinya sedang tidur. Hal itu juga membuat penumpukan air liur yang terjadi, menjadi tidak dapat terbendung lagi oleh mulut. 

Selain penjelasan teknis di atas, masih ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat seseorang menjadi ngilerloh. Mau tahu hal itu? Dan itu adalah :

1. Alergi

Alergi, juga bisa menyebabkan seseorang menjadi ngiler. Tepatnya seperti alergi rhinitis, atau bahkan jenis alergi yang lainnya.

BACA JUGA:So Sweet! Ini 21 Ungkapan Romantis untuk Suami-Istri di Hari Valentine

Maka dari itu, tidak ada salahnya kalian mulai mencari apakah tubuh kalian memiliki suatu alergi dari sekarang. Siapa tahu hal ini bisa membuat kalian menjadi tidak ngiler lagi.

2. Infeksi Sinus

Penyebab berikutnya, adalah adanya infeksi pada saluran pernapasan yang kalian miliki seperti sinus misalnya. Sudah pasti hal ini akan membuat kalian menjadi susah menelan hingga bernapas. Yang mana, air liur yang berada di mulut menjadi tidak ditelan dan akhirnya dikeluarkan menjadi iler.

3. Efek Obat

BACA JUGA:Bupati Musi Rawas Buka Lomba Super 100 Tingkat SMP se-Kabupaten Musi Rawas

Apabila kalian sering ngiler namun dalam keadaan sedang mengonsumsi berbagai macam obat, terlebih lagi yang mengandung berbagai bahan kimia, ngiler menjadi hal yang wajar terjadi kepada kalian.

Sebab, beberapa efek samping dari obat dapat membuat produksi air liur di dalam mulut menjadi semakin meningkat.

4. Infeksi Tonsillitis

Dengan mengalami infeksi ini, maka kondisi tonsil yang kalian miliki akan meradang dan semakin membengkak alias membesar. Dengan begitu, tenggorokan bisa menjadi semakin sempit dan semakin sulit untuk menelan air liur ketika kalian sedang tidur.

BACA JUGA:Wanita Dusun di Muratara Simpan Pil Alien Dalam BH, Ditangkap di Jalinsum Ibukota Kabupaten

Untuk yang tidak tahu, letak tonsil sendiri berada di sekitar belakang tenggorokan. Jadi, apabila tonsil membesar, tenggorokan bisa menjadi semakin sempit.

5. Posisi Tidur

Bagi kalian yang sering tidur dalam posisi menyamping, coba untuk mengubah posisinya menjadi terlentang. Hal ini biasanya berhasil membuat seseorang menjadi tidak ngiler lagi ketika dirinya tidur. Maka dari itu, usahakan untuk lebih memperhatikan posisi tidur kalian dari sekarang ya.

Itu dia, Lima penyebab lain mengapa seseorang bisa ngiler. Semoga informasi yang baru saja kami berikan ini, bisa menjadi informasi berguna yang membantu kalian menjadi tidak ngiler lagi ya semuanya.

BACA JUGA:Tahukah Kamu, Pasir Pantai Berasal?

Ingat, selalu jaga kesehatan diri dan juga keluarga ya.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Ngiler saat Tidur, Kenapa Ya? Ini Dia Penyebabnya

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id