Skema 16 Besar Piala Dunia: Belanda vs AS dan Inggris vs Senegal

Skema 16 Besar Piala Dunia: Belanda vs AS dan Inggris vs Senegal

--

LINGGAUPOS.CO.ID - Dalam peraturan Piala Dunia 2022 yang tertuang di FIFA World Cup Qatar 2022 Regulations, tercantum bahwa terdapat 16 negara yang berhak melaju ke babak 16 besar yang merupakan fase knock-out pertama. 

Di fase ini, para juara grup akan dipertemukan dengan para runner-up dengan sistem silang. Misalnya, juara Grup A akan berjumpa juara Grup B. Sementara itu, juara Grup G menghadapi runner-up Grup H.

16 besar Piala Dunia 2022 memastikan terjadi duel Belanda (juara Grup A) vs Amerika Serikat (runner-up Grup B) dan Inggris (juara Grup B) vs Senegal (runner-up Grup A). 

Kedua pertandingan itu terjadi di blok terpisah. Kedua tim yang lolos dari grup yang sama hanya akan bertemu kembali jika terus melaju hingga lolos babak final.

BACA JUGA:Jadwal Pertandingan Piala Dunia Hari Ini, Rabu 30 November 2022

Skema 16 Besar Piala Dunia 2022

Sistem silang yang diatur adalah, tim yang lolos dari Grup A akan jumpa dengan tim yang lolos dari Grup B, tim lolos dari Grup C berjumpa tim lolos dari Grup D, tim lolos dari Grup E menghadapi tim lolos Grup F, dan tim lolos Grup G berduel dengan tim lolos Grup H atau A vs B, C vs D, E vs F, dan G vs H.

Meskipun demikian, urutan lolos sebuah tim tidak bermakna urutan pertandingan di fase 16 besar Piala Dunia 2022. Sebagai contoh, Belanda sudah memastikan lolos pada Selasa 29 November 2022. Mereka akan bertanding melawan Amerika Serikat di laga perdana 16 besar pada Sabtu, 3 Desember 2022.

Namun, ini tidak berlaku untuk Inggris sebagai juara Grup B. The Three Lions memang lolos dari grup mereka pada Rabu 30 November 2022. Hanya, tim asuhan Gareth Southgate tidak akan bertanding di laga kedua 16 besar. Inggris baru berlaga pada pertandingan keempat yang berlangsung pada Senin, 5 Desember 2022.

Dengan skema sistem silang ini, tim juara dan runner-up yang berasal dari grup yang sama, tidak akan bisa bertemu kembali pada babak 8 besar atau semifinal. Kedua tim baru bersua lagi jika sama-sama lolos ke final. Sebagai contoh, Belanda dan Senegal yang berasal dari Grup A.

BACA JUGA:Tinju Dunia 2022: Duel Trilogi Antara Fury vs Chisora

Belanda akan menghadapi Amerika Serikat, runner-up Grup B, di 16 besar. Andai lolos, Oranje akan berjumpa pemenang laga juara Grup C melawan runner-up Grup D di babak 8 besar.

Andai Belanda lolos lagi, mereka akan melaju ke semifinal. Di babak ini, tim asuhan Louis Van Gaal akan jumpa salah satu dari juara Grup E, runner-up Grup F, juara Grup G, atau runner-up Grup H.

Demikian pula Senegal. The Lions of Teranga akan menjajal kekuatan Inggris sang juara Grup B di 16 besar. Selanjutnya, Senegal akan jumpa salah satu dari juara Grup D atau runner-up Grup C di perempat final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: