Pilkada 2024, Ratna Machmud Sulit Cari Pasangan, Lily Maddari Calon Potensial

Pilkada 2024, Ratna Machmud Sulit Cari Pasangan, Lily Maddari Calon Potensial

Lily Maddari-Eka Rahman-Ratna Machmud--LINGGAUPOS.CO.ID

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID – Duo Srikandi Hj Ratna Machmud dan Hj Suwarti (Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas) tidak mungkin lagi bersatu pada Pilkada 2024. Sebab Hj Suwarti terbentur dengan peraturan hanya membolehkan dua kali mencalonkan sebagai Wakil Bupati. 

Kalaupun akan kembali maju, pada Pilkada 2024 Hj Suwarti harus mencalonkan diri sebagai Bupati Musi Rawas

Namun baru-baru ini muncul isu terbaru, Hj Lily Martiani Maddari bakal mencalonkan diri sebagai Bupati Musi Rawas pasca bebas, Rabu 16 November 2022 lalu.

Lily Maddari disebut-sebut bakal melanjutkan program Darussalam dicanangkan Bupati Musi Rawas H Ridwan Mukti yang juga baru bebas.

BACA JUGA:Piala Dunia 2022, Kapolres Linggau Jagokan Belanda, Ini Alasannya

Lantas siapa yang bakal digandeng Hj Ratna Machmud pasca ditinggal Hj Suwarti? Akankah kembali menggandeng figur perempuan seperti Lily Maddari untuk mewujudkan Duo Srikandi Jilid II, atau memilih pasangan laki-laki ? 

Pengamat Politik Eka Rahman berpendapat  isu gender sebetulnya belum menjadi isu krusial saat ini. 

Hanya saja, menurutnya akan sulit jika Ratna Machmud ingin tetap mempertahankan Duo Srikandi dengan memilih figur perempuan. 

"Masalahnya sekarang, siapa figur perempuannya? Apalagi yang sekuat Suwarti, dia Ketua Parpol, dari etnis Jawa, petahana juga. Saya rasa nggak ada, bahkan dari sisi Parpol, tidak ada Ketua Parpol perempuan selain Suwarti. Artinya susah untuk mengulang 'duo srikandi' lagi,” jelas Eka Rahman.

BACA JUGA:Resmi Bebas, Ridwan Mukti Mohon Doa, Lily Rindu Mura Darussalam

Kalaupun ada kata Eka Rahmanm, saat ini muncul nama Lily Maddari yang kemarin baru bebas. “Ia (Lily Maddari) berpeluang dan cukup potensial. Ini jika hak politiknya tidak dicabut. Selain itu, apakah Lily mau jadi pendamping," ucap Eka Rahman. 

Dalam memilih pasangan, kata Eka Rahman, Ratna Machmud harus hati-hati dan memperhatikan empat point penting. Ia harus memilih pasangan yang memberi nilai lebih untuk mengisi ruang kosong di dirinya. Dan tentu yang memiliki kekuatan seperti Suwarti. 

Untuk itu, Ratna Machmud harus memperhatikan pertama dari sisi kepartaian. Hal ini karena Ratna bukan dari orang partai, terlepas sang suami Ketua Partai NasDem saat ini. Karena belum tentu juga kursi NasDem memenuhi. 

Kedua dari sisi popularitas dan elektabilitas. Ini juga harus seimbang. Dan ketiga dari sisi etnis. Ada tiga etnis di Musi Rawas, etnis Musi, Cul, dan Jawa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: