Tes PCR Positif Covid, Calon Jemaah Haji Mura Gagal Berangkat

Tes PCR Positif Covid, Calon Jemaah Haji Mura Gagal Berangkat

LINGGAUPOS.CO.ID – Calon Jemaah Haji (CJH) Musi Rawas (Mura), Selasa (28/6/2022) menjalani tes PCR Covid-19 di RS dr Sobirin.

Tes PCR ini dilakukan, menjelang keberangkat 59 CJH, yang akan dilaksanakan Kamis (30/6/2022) dari Muara Beliti menuju ke Asrama Haji. Dilanjutkan 1 Juli 2022 berangkat ke Jeddah.

Kepala Bidang Pelayanan Rumah Sakit dr Sobirin, Sumiati menjelaskan, pihaknya melakukan tes PCR seusai permintaan Dinas Kesehatan Kabupaten Mura. 

“Kami Rumah Sakit dimintai tolong oleh Dinas Kesehatan untuk melakukan tes PCR bagi rombongan jemaah haji dari Musi Rawas,” kata, Sumiati. 

BACA JUGA:Lima Calon Jemaah Haji Mura Meninggal Dunia

Pelaksanaan tes PCR selama dua hari yakni 28-29 Juni mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai jam pelayanan. Sedangkan untuk hasil PCR, pihaknya mengaku akan keluar secepatnya.

“Mereka (CJH) dikasih tahu ke rombongannya untuk ke sini. Nanti mendaftar, kemudian diambil sampelnya di Labor. Kemudian mereka boleh pulang,” tambahnya.

Hasil tes PCR tersebut ia menambahkan, berlaku untuk tiga hari. “Jadi total ada 59 calon jemaah haji yang mengikuti PCR. Pelaksanaan dilakukan dua hari di laboratorium Rumah Sakit Sobirin,” jelas Sumiati.

Terpisah Kasi Penyelenggaran Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Mura, Asror menjelaskan tes PCR bagi calon jemaah haji merupakan salah satu persyaratan untuk mereka berangkat. 

Kalau hasilnya positif, maka mereka tidak jadi terbang atau berangkat. “PCR itu persyaratan. Kalau hasilnya positif tidak jadi terbang dia,” pungkasnya.

Selain itu, CJH Mura saat ini juga telah menyelesaikan segala urusan yang berkaitan dengan persiapan keberangkatan. Termasuk dengan menyelesaikan kelengkapan persyaratan yang diperlukan saat berangkat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: