SMK Negeri 1 Muara Uya Mantapkan Kerja Sama dengan PT United Tractors untuk Link and Match Kurikulum Industri

Jumat 25-10-2024,14:58 WIB
Reporter : Endang Kusmadi
Editor : Endang Kusmadi

Serta sebagai Hardware PT United Tractors memberi bantuan alat peraga, serta sebagai bentuk perusahaan yang berwawasan lingkungan serta sebagai simbol keberlanjutan hubungan (sustainable) kerja sama ini tak lupa mereka juga memberi bantuan 20 pohon untuk ditanam di lingkungan Sekolah.

Kurikulum yang diadaptasi dari standar industri akan memungkinkan siswa untuk mendapatkan pembelajaran yang relevan, baik dari segi teknologi maupun prosedur operasional yang digunakan di perusahaan alat berat. 

Lebih lanjut, siswa akan diajak untuk terlibat dalam magang di United Tractors, sehingga mereka dapat merasakan pengalaman nyata dalam mengoperasikan alat berat serta memahami bagaimana industri ini bekerja.

BACA JUGA:Edu Job Fair 2024 SMA Xaverius Lubuk Linggau Terbuka Untuk Umum , Bisa Bertemu 11 Universitas di Indonesia

Penandatanganan MoU ini bukan hanya tentang komitmen dalam kerja sama, melainkan juga merupakan simbol dari harapan besar bagi para siswa dan seluruh civitas akademika SMK Negeri 1 Muara Uya. 

“Para siswa diharapkan dapat menjadi tenaga profesional yang siap terjun di dunia kerja begitu mereka lulus nanti dengan standar Ketat dari industri melalui pendekatan 3 Pilar PT United Tractors yakni: Sustainable Bussines; Ekonomi, Sosial dan Lingkungan. 

High Competency; Untuk memenangkan Persaingan bisnis serta Operational Excellent; Efisiensi kerja”. Ujar Heri Priyo Mahargyo selaku Site Operational Head PT. United Tractors penuh harap agar 3 Pilar tersebut menjadi “core value” calon tenaga kerja 

Dengan adanya dukungan dari United Tractors, siswa-siswa akan memiliki akses yang lebih besar untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas, pelatihan yang relevan, serta sertifikasi yang diakui oleh industri.

“Kami berharap siswa-siswa kami nantinya menjadi Hebat, tidak hanya mahir secara teknis, tetapi juga memiliki etos kerja dan kemampuan soft skills yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti United Tractors,” dengan antusias Rita Herlina Kepala SMK Negeri 1 MUARA UYA memberi sambutan.

BACA JUGA:SD Putra Putri Bangsa Lubuk Linggau, Sekolah Masa Kini Gunakan Buku Internasional Hingga Teknologi

Antusiasme juga dirasakan oleh para siswa yang mengikuti kegiatan di jurusan Teknik Alat Berat. Salah satu siswa, M. Nor Fahreza, mengungkapkan kegembiraannya.

“Ini kesempatan besar buat kami. Kami belajar tidak hanya di kelas, tapi langsung dengan alat-alat yang memang dipakai di dunia kerja. Kami bisa tahu bagaimana mengoperasikan alat berat dan berhubungan dengan teknologi terbaru.”

Dalam acara penandatanganan ini, selain dari pihak sekolah dan PT. United Tractors, hadir pula para Kepala Desa yang sebelumnya menjalin kerjasama dengan sekolah melalui program andalan “SMK Membangun Desa”.

Program yang nyata kebermanfaatannya terhadap desa, tak lupa para pimpinan forkompimda kecamatan Muara Uya diantaranya dari Polsek, Koramil dan kecamatan yang turut memberikan apresiasi atas langkah strategis ini. 

BACA JUGA:Pj Wali Kota Jadi Pembina Upacara, Ingatkan Pelajar MAN 1 Lubuk Linggau Siapkan Diri dengan Kompetensi

Menurut mereka, kerja sama seperti ini merupakan model ideal yang diharapkan dapat diikuti oleh sekolah-sekolah lain di wilayah lain.

Membangun Masa Depan Desa dengan Tenaga Terampil

Kategori :