5 Cara Mencegah Pelecehan Seksual Terhadap Anak, Begini Penjelasan Psikolog

Jumat 25-10-2024,15:01 WIB
Reporter : Agung Perdana
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID - Pelecehan seksual merupakan suatu tindak kejahatan yang bisa merugikan orang lain atau bahkan menimbulkan trauma pada korban. 

Selain itu, kasus pelecehan seksual terhadap anak semakin marak terjadi, meski demikian masih banyak orang yang tidak mengenali cirinya.

Menurut Komnas Perempuan, pelecehan seksual sesungguhnya merujuk kepada tindakan bernuansa seksual yang kemudian disampaikan melalui kontak fisik atau kontak non-fisik, yang menyasar kepada bagian tubuh seksual atau seksualitas seseorang. 

Tindakan pelecehan seksual terhadap anak ini sendiri termasuk siulan, main mata, komentar ataupun ucapan yang bernuansa seksual, mempertunjukkan materi-materi pornografi serta keinginan seksual.

BACA JUGA:Begini 3 Langkah Menggunakan Asisten Virtual BRI Sabrina

Kemudian, colekan atau sentuhan pada bagian tubuh, gerakan atau isyarat yang bersifat seksual, sehingga kemudian mengakibatkan rasa tidak nyaman, tersinggung, atau merasa direndahkan martabatnya, dan mungkin hingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan keselamatan.

Dilansir dari klikdokter.com, 5 cara mencegah anak menjadi pelaku pelecehan seksual di bawah ini.

1. Berikan perhatian dan kasih sayang

Disampaikan Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, cara mencegah anak melakukan pelecehan seksual bisa diawali dengan memenuhi kebutuhan perhatian dan kasih sayang untuk si kecil.

BACA JUGA:BRI Borong 3 Penghargaan Bergengsi, Direktur Utama Sabet Best CEO

“Ketika kebutuhannya terpenuhi, anak merasa disayang sehingga tidak menyalurkan kebutuhannya dengan perilaku negatif,” jelas Ikhsan.

2. Memberikan Pendidikan Seksual

Penting bagi Mama dan Papa untuk memberikan pendidikan seksual pada anak sejak dini. Tujuannya adalah agar anak memahami batasan-batasan privasi mengenai tubuhnya sendiri maupun tubuh orang lain.

“Pendidikan seks pada anak juga diperlukan agar anak bisa memahami dampak yang terjadi jika ia melewati batasan-batasan tersebut,” kata Psikolog Ikhsan.

BACA JUGA:Kualitas BRI Liga 1 Musim 2024/2025 Semakin Berkualitas, Sudah Pakai VAR

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat, tindakan pelecehan seksual bisa mempengaruhi cara seseorang berpikir dan bertindak di sepanjang hidupnya.

Hal ini bisa berdampak pada kesehatan fisik, mental, perilaku jangka pendek maupun panjang.

3. Ajari dan Berikan Contoh

Cara pencegahan pelecehan seksual selanjutnya, yaitu dengan mengajari dan memberikan contoh kepada anak mengenai perilaku yang baik terhadap orang lain.

BACA JUGA:Lagi Ajukan KUR di Bank BRI, Berikut Panduan Agar Pinjaman Bisa Cair

Mama-Papa bisa mengajarkan si kecil untuk selalu berempati dan peduli terhadap perasaan orang lain.

Tanamkan pula kepadanya untuk selalu menghormati perbedaan. Ajak anak untuk menghormati teman dengan jenis kelamin, agama, etnis, maupun latar belakang ekonomi yang berbeda.

Kategori :