Hari Santri Nasional 22 Oktober 2024, Ini Tema dan Cara Merayakannya

Selasa 22-10-2024,11:20 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : M Raihan Putra

LINGGAUPOS.CO.ID - Hari Santri Nasional jatuh pada 22 Oktober 2024, ketahui ini tema peringatannya pada tahun ini serta cara untuk merayakan hari santri.

Sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2014 lalu, Hari Santri pun diperingati setiap 22 Okteber pada tahunnya.

Penetapan Hari Santri itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) Repubalik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Sejarah lahirnya Hari Santri Nasional tidak lepas dari peran masyarakat pesantren yang ingin meneladani golongan santri yang turut berjuang menegakkan kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:Jambak Anak di Tepi Jalan, Emak-emak di Lubuk Linggau Ditangkap UPPA, Videonya Viral

Adapun, mulanya Hari Santri diusulkan oleh santri dari Pondok Pesantren Babussalam yang terletak di Malang, Jawa Timur pada 27 Juni 2014.

Usulan tersebut mereka sampaikan kepada Joko Widodo yang saat itu masih menjabat menjadi calon presiden, yang sedang mengadakan kunjungan ke pesantren.

Hingga akhirnya melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri, Pemerintah Indonesia menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Lantas tahukah kamu apa tema dari perayaan hari santri tahun 2024 ? Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda lengkap beserta cara untuk merayakan hari santri yang perlu kamu ketahui.

BACA JUGA:Pesantren Modern Ar Risalah Lubuk Linggau Gelar Mega Maulid Nabi Muhammad 1446 H Bersama Habib Muhammad Hanif

Tema Hari Santri Nasional 2024

Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholila Qoumas mengumumkan tema untuka Hari Santri Nasional 2024 yakni “Menyambung Juang Merengkuh Masa Drpan,” seperti yang dikutip pada laman resmi Kementerian Agama.

Makna dari “Menyambung Juang” dimaksudkan untuk meneruskan semangat juang yang selama ini dilakukan oleh para santri. 

Sementara, “Merengkuh Masa Depan” dimaksudkan untuk bergerak secara bersama-sama menuju masa depan. 

BACA JUGA:Kampanye Dialogis di Jayaloka Musi Rawas, Ramah Pro Pastikan 9 Program Mantab Berlanjut

Secara keseluruhan, tema ini mengartikan perjuangan berkelanjutan para santri dalam merengkuh masa depan yang sejahtera.

Cara Merayakan Hari Santri Nasional

Kategori :