RMI PBNU Adakan Lomba Hari Santri 2024, Cek Link Pendaftarannya di Sini

Rabu 09-10-2024,16:47 WIB
Reporter : Agung Perdana
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID - Dalam rangka memperingati Hari Santri tahun 2024, Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU) mengadakan lomba atau Musabaqah Khazanah Keilmuan Pesantren dan Kreativitas Santri. 

Ketua RMI PBNU KH Hodri Ariev mengatakan,“Lomba yang kita laksanakan, tentu untuk menyambut dan memeriahkan Hari Santri. Ini menjadi momentum kita para santri untuk terus mengingat dan merawat semangat juang seperti tersurat dalam Resolusi Jihad Rais Akbar Hadratusyekh Hasyim Asy'ari,” ujarnya, Rabu 9 Oktober 2024.

Ia menyampaikan tujuan diadakan lomba untuk meningkatkan kompetensi santri dalam bidang intelektual dan akademik, menggali potensi-potensi para santri, dan mendorong terbentuknya jejaring santri-santri potensial secara nasional. 

Dikatakannya, lomba tersebut dapat diikuti oleh seluruh santri baik putra atau putri yang masih aktif di pondok pesantren di bawah asosiasi pondok pesantren NU KH Hodri menambahkan bahwa pelaksanaan lomba akan berlangsung secara hybrid (online dan offline) sesuai dengan jenis lomba yang diikuti. 

BACA JUGA:SD Putra Putri Bangsa Lubuk Linggau, Sekolah Masa Kini Gunakan Buku Internasional Hingga Teknologi

Lomba ini tidak dipungut biaya alias gratis.

“Peserta sama sekali tidak dipungut biaya, mereka hanya didorong untuk menunjukkan kemampuan intelektual dan seni,” ujarnya. 

Ketua RMI PBNU menyampaikan keuntungan mengikuti lomba ini adalah para santri dapat menunjukkan potensi dirinya di hadapan para santri lainnya. 

Selain itu, para santri akan memperluas wawasan dan jangkauan jejaring dengan para santri dari berbagai daerah secara nasional. 

BACA JUGA:Ciptakan Coupe Sport yang Ringan, Yamaha Kembangkan Mobil Listrik Caterham Project V

“Sedangkan hadiah-hadiah untuk mereka (peserta) antara lain trofi Rais Aam PBNU, dana pembinaan, dan hadiah utamanya ada Umroh,” ujarnya. Berikut jenis lomba atau musabaqah:

1. Syarh Qawaid Fiqhiyah, lomba ini bertujuan meningkatkan dan memperkuat pemahaman santri tentang kaidah-kaidah fikih sebagai bagian dari khazanah keilmuan pesantren sehingga santri dapat merespons isu-isu kontemporer berdasarkan kaidah fikih. 

2. Menggubah Syair Arab, lomba ini akan fokus pada pendalaman dan pemahaman serta implementasi Ilmu Arudh dalam menggubah syair Arab. 

Pemahaman secara teori maupun praktik dari fan keilmuan tersebut berguna sekali bagi santri yang akan memfokuskan kompetensi dirinya dalam Menggubah Syair Arab, yakni syair yang terikat dengan wazan dan qofiyah. 

BACA JUGA:KPPS Pilkada 2024, Ini Tanggal Pelantikan, Gaji dan Masa Kerjanya

Kategori :