Penyelundupan HP di Lapas Narkotika Muara Beliti Berhasil Digagalkan Petugas P2U, Begini Modusnya

Rabu 09-10-2024,14:09 WIB
Reporter : Agung Perdana
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID - Petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti berhasil menggagalkan penyelundupan Handphone (HP) yang dibawa oleh keluarga salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) saat akan berkunjung, Selasa 8 Oktober 2024. 

Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti selalu berusaha menerapkan lapas yang bebas dari segala bentuk ancaman gangguan handphone, pungutan liar, maupun narkoba (Halinar). 

Terbukti dari ketelitian petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti saat berhasil menggagalkan penyelundupan HP. Penggagalan penyelundupan tersebut bermula saat petugas P2U Lapas melakukan pemeriksaan badan terhadap salah seorang pengunjung yang akan melaksanakan kunjungan, tak disangka petugas berhasil menemukan satu buah HP yang tersembunyi saat pemeriksaan badan. 

Terbongkarnya penyelundupan ini merupakan bagian dari langkah tegas memberantas halinar serta wujud komitmen alat komunikasi dilarang keras masuk di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti. 

BACA JUGA:Lapas Narkotika Muara Beliti Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah

BACA JUGA:Pererat Tali Silaturahmi, Lapas Narkotika Muara Beliti Gelar Laga Persahabatan Bersama Bapas Muratara

BACA JUGA:Cegah Gangguan Kamtib, Lapas Narkotika Muara Beliti Lakukan Razia Kamar Hunian WBP, Barang Bukti Dimusnahkan

Ka KPLP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Abdul Rafik membenarkan hal tersebut dan menjelaskan kronologi kejadiannya sekitar pukul 10.00 WIB, ada satu orang pengunjung berinisial I mendaftar untuk membesuk WBP berinisial A.

Setelah mendaftar, pengunjung kemudian diarahkan ke ruangan Portir untuk diperiksa dan digeledah badan oleh Petugas Keamanan Pintu Utama (P2U). 

Saat itu petugas P2U, Oki Ibda dan Sopan Aprian dengan jeli memeriksa barang bawaan pengunjung dan saat digeledah badan, ditemukan sebuah HP yang disisipkan pada celana dari pengunjung tersebut, selanjutnya pengunjung tersebut sudah kami periksa dan HP tersebut telah diamankan, serta pengunjung tersebut tidak diperkenankan untuk berkunjung ke Lapas dalam jangka waktu yang telah ditetapkan " dalam keterangannya.

Sementara itu, Kalapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Ronald Heru Praptama, mengapresiasi kinerja petugas dalam menggagalkan penyelundupan HP. 

BACA JUGA:Pelayanan Prima, Lapas Narkotika Muara Beliti Terus Berikan Layanan Video Call Gratis Bagi WBP

BACA JUGA:Tingkatkan Kesehatan WBP, Lapas Narkotika Muara Beliti Berikan Peralatan Mandi

BACA JUGA:Antisipasi Penyakit IMS dan HIV, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gelar Kegiatan Skrining Kesehatan

"Saya mengapresiasi petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti yang melaksanakan tugasnya dengan baik, tetap pertahankan, selalu waspada dalam segala hal saat bertugas, serta laksanakan tugas sesuai SOP yang berlaku, ingat, selalu waspada jangan jangan," ucap kalapas. 

Kalapas juga menegaskan, bahwa jajarannya telah berkomitmen untuk Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Zero Handphone, Pungli dan Narkoba (HALINAR). 

"Kami, Lapas Narkotika Muara Beliti telah berkomitmen untuk menciptakan keadaan Lapas yang aman dan kondusif dengan turut aktif memberantas peredaran gelap narkoba, HP ilegal dan secara rutin melakukan deteksi dini Kamtib,"katanya.

"Kami juga akan memperketat lalu lintas keluar masuk orang dan barang titipan untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang di dalam Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti yang bisa mengakibatkan gangguan keamanan dan ketertiban," tutup Ronald.

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Kategori :