Bansos BPNT Cair Oktober 2024, Ini Nominal Serta Cara Ceknya

Sabtu 05-10-2024,15:38 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : M Raihan Putra

LINGGAUPOS.CO.ID - Bantuan sosial (Bansos) dalam bentuk  Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan kembali dicairkan pada bulan Oktober 2024.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ini akan disalurkan bagi masyarakat yang masuk dalam kategori penerima manfaat  (PM).

Bansos BPNT atau disebut juga dengan Kartu Sembako  ini sendri bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka

Adapun BNPT akan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

BACA JUGA:Gus Zia : Manfaatkan Media Sosial untuk Mendalami Agama Islam

DTKS merupakan data induk yang berisi data Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial, serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

Masyarakat dapat terdaftar ke dalam DTKS dengan cara mendaftar secara online melalui aplikasi cek bansos kemensos, maupun  secara offline daftar langsung ke desa/kelurahan melalui usulan RT/RW setempat.

Pencairan atau penyaluran bansos ini dilakukan secara periodic yakni dua bulan sekali. Jadi, selama satu tahun ada enam periode pencairan.

Dimulai pada bulan Februari, untuk periode Januari dan Februari 2024. Kabar bahagianya saat ini, pencairan memasuki periode kelima untuk bulan September Oktober.

BACA JUGA:5 HP Termahal di Pasar Indonesia, Intip Apa Istimewanya di Sini

Lantas, bagaimana cara cek penerima bansos BPNT serta berapa jumlah nominal yang akan cair bulan Oktober 2024 ? Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda.

Cara Cek Bansos BPNT

Untuk mengetahui apakah anda adalah penerima bansos BPNT dapat dilakukan secara online, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs Cek Bansos Kemensos melalui laman cekbansos.kemensos.go.id 

BACA JUGA:4 Kriteria Pelamar PPPK Guru 2024, Wajib Simak Sebelum Mendaftar

2. Kemudian isi kolom yang diminta:

Kategori :