Cegah Gangguan Kamtib, Lapas Narkotika Muara Beliti Lakukan Razia Kamar Hunian WBP, Barang Bukti Dimusnahkan

Kamis 03-10-2024,15:31 WIB
Reporter : Agung Perdana
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID - Guna mencegah adanya gangguan keamanan dan ketertiban di Lingkungan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal), Kasi Kamtib, beserta Ka KPLP yang dipimpin oleh Kepala Kamtib lakukan pemeriksaan kamar blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis 3 Oktober 2024. 

Didampingi oleh Ka. KPLP, Abdul Rafik, Kasi Kamtib, Sulaiman beserta staff dan Rupam melakukan pemeriksaan kamar WBP atau Razia yang dilakukan secara teliti. 


Barang bukti hasil razia yang diamankan Petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Kamis 3 Oktober 2024. -Foto: Humas Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti-

Kegiatan ini merupakan agenda rutin dalam upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di Lingkungan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Kemenkumham Sumsel. Selain kamar hunian, sejumlah warga binaan juga ikut digeledah satu per satu, razia ini dilakukan sebagai implementasi arahan Kepala Kantor Wilayah guna untuk memastikan bahwa Lapas Narkotika Muara Beliti bebas dari handphone, narkoba, serta pungli. 

Di lain tempat, Kalapas Narkotika Muara Beliti, Ronald Heru Praptama menjelaskan bahwa razia yang digelar ini telah menjadi agenda rutin yang telah dilakukan oleh pihaknya guna memastikan Lapas Narkotika Muara Beliti selalu dalam keadaan aman. 

"Seperti biasa, kita lakukan pemeriksaan terhadap kamar maupun badan WBP guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, tentunya ini ditujukan agar WBP dapat menjalani masa pidana dengan nyaman,”ujarnya. 

“Kami akan terus melakukan evaluasi terhadap hasil temuan dan merumuskan langkah-langkah selanjutnya untuk mengoptimalkan keamanan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberi efek yang baik bagi narapidana, serta memperkuat disiplin di dalam Lapas,"ungkapnya.

BACA JUGA:Antisipasi Penyakit IMS dan HIV, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gelar Kegiatan Skrining Kesehatan

BACA JUGA:Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024

Kalapas juga menambahkan agar kiranya semua WBP dapat saling mengingatkan satu sama lain dan ikut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas Narkotika Muara Beliti.

"Kita mengharapkan agar kiranya Lapas ini senantiasa dalam keadaan yang aman dan tertib, dengan demikian, segala sesuatu yang berkenaan dengan keberlangsungan pembinaan terhadap WBP, dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan. Untuk itulah kami rutin melakukan razia kamar hunian WBP,"tutup Kalapas.

Selanjutnya setelah dilaksanakannya razia, dilakukan pendataan terhadap barang bukti hasil razia untuk kemudian dihancurkan dan dimusnahkan.

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Kategori :