Antisipasi Penyakit IMS dan HIV, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gelar Kegiatan Skrining Kesehatan

Rabu 02-10-2024,16:25 WIB
Reporter : Agung Perdana
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID - Dalam upaya meningkatkan kesehatan dan pencegahan penyakit menular di lingkungan Lapas, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten Musi Rawas menggelar kegiatan Penyuluhan dan Skrining TBC/HIV-AIDS bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu 2 Oktober 2024.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis 2-3 September 2024 bertempat di Aula Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti. 


Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten Musi Rawas menggelar kegiatan Penyuluhan dan Skrining TBC/HIV-AIDS bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu 2 Oktober 2024.-Foto: Humas Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti-

Kemudian, kegiatan skrining dibuka langsung secara resmi oleh Kasi Binadik, Taufik. 

Kegiatan ini sangat penting dilakukan dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit menular, khususnya TBC dan HIV-AIDS, yang sangat rentan terjadi di lingkungan tertutup seperti Lapas. 

Dalam kegiatan ini hadir langsung Tim dari Dinkes Kab Musi Rawas, Labkesda dan Puskesmas serta Tim kesehatan dari Lapas  Narkotika Muara Beliti untuk langsung melakukan kegiatan skrining tersebut. 

Kegiatan skrining akan menyasar 1000 orang WBP yang berada di dalam lapas. Skrining IMS & HIV merupakan langkah awal yang penting dalam mendeteksi dini.

BACA JUGA:Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024

BACA JUGA:Lapas Narkotika Muara Beliti Sediakan Sarana Asimilasi dan Edukasi Budidaya Anggur Bagi WBP

Kemudian, memberikan perawatan yang tepat bagi mereka yang terinfeksi, semakin cepat terdeteksi, semakin cepat pula bisa mencegah penyebarannya dan memberikan penanganan yang tepat. 

Hal ini menekankan bahwa pentingnya kesadaran dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Ronald Heru Praptama, melalui Kasi Binadik, Taufik menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah proaktif yang dilakukan oleh Lapas Narkotika Muara Beliti yang bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Musi Rawas dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan WBP. 

Dikatakannya, melalui deteksi dini dan penanganan yang tepat, diharapkan kasus penyakit TB, HIV, dan IMS dapat dikendalikan, serta mencegah penyebarannya ke lingkungan lainnya. 

BACA JUGA:Gaspol Jaga Kebugaran, Kalapas Narkotika Muara Beliti Ajak Jajaran Bermain Tenis Lapangan

BACA JUGA:Jajaran Petugas Lapas Narkotika Muara Beliti Ikuti Penguatan Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan Secara Virtual

Kategori :