Kadisdik Mura Serahkan Hadiah Lomba P5,” Dien Candra: Pemenang Jadi Contoh Sekolah Non Penggerak

Kamis 19-09-2024,15:23 WIB
Reporter : Budi Santoso
Editor : Budi Santoso

LINGGAUPOS.CO.ID - Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas (Mura) membagikan hadiah kepada sekolah pemenang Lomba Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Lomba tersebut diikuti 32 sekolah penggerak yang ada di Kabupaten Musi Rawas dilaksanakan dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI bulan lalu.

Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas.

Karena memang sekolah penggerak baru masuk tahun ketiga dan tahun keempat memiliki kewajiban untuk mengembangkan ke sekolah sekitar terkait kurikulum merdeka, perencanaan berbasis data dan digitalisasi sekolah serta praktek baik lainnya.

BACA JUGA:Disdik Musi Rawas Gelar Sosialisasi Pencegahan Korupsi Dana BOS

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Kabupaten Mura, Dien Candra didampingi Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP sekaligus Penanggung Jawab (Penjab) Program Sekolah Penggerak (PSP), Muslim serta Kasi GTK, Yunita Sari mengatakan sekolah yang menjadi juara diharapkan dapat menjadi penggerak bagi sekolah berstatus non penggerak.

 “Untuk hadiah yang diberikan berupa piagam, piala dan uang pembinaan,”kata Dien kepada wartawan usai memberikan hadiah langsung kepada pemenang lomba, Kamis, 19 September 2024.

Dijelaskan Dien, tujuan dilaksanakannya lomba untuk mengetahui mutu pembelajaran di sekolah dan bukan semata-mata pada produk.

Melainkan proses pembelajaran sekolah sehingga pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

BACA JUGA:Hasil ‘Ngamen’ Bupati Hj Ratna Machmud, RSUD dr Sobirin Pangeran M Amin Musi Rawas Dibantu Rp200 Miliar

Mantan Kadispora Kabupaten Musi Rawas ini meminta agar sekolah yang menjadi pemenang lomba maupun sekolah penggerak lainnya dapat menjadi penggerak sekolah non penggerak untuk mengikuti proses kurikulum ini agar dapat termotivasi dan perbaikan dalam mutu pembelajaran.

Mengingat, sekolah penggerak mempunyai keunggulan dalam mendapatkan peran lebih awal dalam menjalankan program-program prioritas dari Kementerian.

Sehingga sekolah penggerak menjadi katalis perubahan dalam transformasi pendidikan di ekosistemnya dan sekolah penggerak menjadi contoh praktik baik bagi sekolah lain yang melaksanakan kurikulum merdeka.

Ditambahkan Dien, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas melalui Disdik memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pelaksana sekolah penggerak.

Kategori :