Kerusuhan di Musi Rawas, 2 Orang Ditembak

Senin 26-08-2024,19:20 WIB
Reporter : Endang Kusmadi
Editor : Endang Kusmadi

Kabag Ops, AKP Roy Zulisrin SH, MH, menjelaskan pelaksanaan Simulasi Sispamkota, yakni Tactical Floor Game (TFG), Ops Mantap Praja Musi 2024.

Untuk Kesiapan Pengamanan Pilkada di Kabupaten Mura, dengan tujuan untuk memahami tugas masing-masing, peran, tindakan serta lokasi para personel saat terjadinya gangguan kamtibmas pelaksanaan Pilkada 2024.

Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, menjelaskan, TFG dan Simulasi Sispamkota ini sangat penting.

“Karena untuk memastikan bahwa setiap Personel Polres Mura dan stakeholder terkait, siap dan terlatih dengan baik dalam menjalankan tugasnya selama tahapan hingga selesainya Pilkada 2024,” kata Kapolres.

BACA JUGA:6 Bacalon Buat SKCK, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Peserta Pilkada Lubuk Linggau dan Mura

Kapolres menjelaskan, pelaksanaan simulasi sispamkota tersebut, secara bersama bisa mengamati dan langsung melihat situasi dan kondisi, mulai dari situasi, normal, hijau, kuning dan merah.

Sekaligus bisa melakukan tindakan apa yang akan dilakukan apabila terjadinya di situasi-situasi tersebut.

Selain itu dengan dilakukannya simulasi sispamkota ini, sedikitnya bisa memberikan gambaran kepada para personel saat menjalankan tugas pada pelaksanaan Pilkada 2024.

Apabila ada gangguan kamtibmas, tindakan apa yang harus dilakukan, namun kembali lagi berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP).

BACA JUGA:Pemeriksaan Kesehatan Paslon Pilkada 27 Agustus - 2 September 2024, di RSMH Palembang Gratis

"Namun kembali lagi, kita bersama-sama berharap tidak terjadi adanya gangguan kamtibmas saat pelaksanaan Pilkada 2024, sehingga pelaksanaan Pilkada 2024 serentak, berjalan dengan aman tertib dan lancar," jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, untuk persiapan melakukan pengamanan pelaksanaan Pilkada 2024, di Kabupaten Mura. Polres Mura, menyiapkan dan menyiagakan 2/3 personel, sekitar 300 personel, ditambah 100 personel BKO Polda Sumsel, 75 Brimob Petanang, dan 50 personel Kodim 0406 Lubuklinggau, artinya jumlah total keseluruhan, 525 personel gabungan.

"Selain itu juga ditambah puluhan personel gabungan melibatkan pegawai Dinas Kesehatan, BPBD Mura, Sat Pol PP Damkar, Linmas,” ia mengatakan. 

“Namun kembali lagi bersama-sama kita berharap sekaligus berdoa semoga pelaksanaan pilkada di kabupaten Musi Rawas berjalan dengan aman tertib dan lancar," tuturnya.

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Kategori :