Peristiwa Bandung Lautan Api: Sejarah Penting Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Rabu 07-08-2024,11:57 WIB
Reporter : M Raihan Putra
Editor : M Raihan Putra

LINGGAUPOS.CO.ID - Peristiwa Bandung Lautan Api adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 24 Maret 1946 di kota Bandung, Jawa Barat, dan merupakan simbol dari perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajahan Belanda yang ingin kembali menguasai Indonesia setelah Perang Dunia II.

Latar Belakang

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, Belanda tidak mengakui kemerdekaan tersebut dan berusaha untuk kembali menguasai wilayah Indonesia dengan bantuan Sekutu. 

BACA JUGA:Peristiwa Rengasdengklok, Momen Sebelum Terjadinya Kemerdekaan Indonesia, Kisah Ini Dibaliknya

Di Bandung, situasi menjadi semakin tegang dengan kehadiran tentara Sekutu yang didominasi oleh pasukan Inggris dan NICA (Netherlands Indies Civil Administration). 

Kedatangan tentara Belanda ini memicu perlawanan dari Tentara Republik Indonesia (TRI) dan rakyat setempat.

Ultimatum Sekutu

Pada awal Maret 1946, tentara Sekutu memberikan ultimatum kepada TRI dan rakyat Bandung untuk meninggalkan kota dan mengosongkan wilayah Bandung bagian utara dalam waktu 24 jam. 

BACA JUGA:Peristiwa Bom Atom dan Kaitannya dengan Kemerdekaan Indonesia, Hal Ini yang Terjadi

Ultimatum ini ditanggapi dengan serius oleh para pejuang, yang kemudian menyusun strategi untuk tidak membiarkan kota Bandung jatuh ke tangan musuh dengan mudah.

Keputusan Drastis

Dalam kondisi yang semakin mendesak, para pemimpin perjuangan di Bandung memutuskan untuk melancarkan strategi bumi hangus. 

Pada tanggal 23 Maret 1946, dilakukan rapat antara tokoh-tokoh pejuang diantaranya Mohamad Toha, Abdul Haris Nasution, dan Mayor Abdul Hadi yang menghasilkan keputusan untuk membumihanguskan Bandung. 

BACA JUGA:Sambut HUT Kemerdekaan RI, Warga Empat Lawang Gelar Turnamen Piala Kades Pajar Bakti 2024

Kategori :