Brand awareness merupakan kemampuan konsumen untuk bisa langsung mengenal merek dari sebuah produk.
Selain itu, brand awareness juga cara untuk langsung mengingat suatu merek hanya dengan penglihatan.
Apa yang dilihat oleh konsumen? Yakni warna produk, logo, foto hingga identitas yang menggambarkan merek.
Lantas bagaimana cara mencapai brand awareness untuk suatu produk?
BACA JUGA:2024 ini, Idul Fitri Muhammadiyah dan Pemerintah Sama, Awal Ramadan Potensi Beda
Pertama kita harus melakukan pengenalan merek. Intinya sama dengan pepatah kita pacaran guys.
“Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”.
Pengenalan merek maksudnya kemampuan konsumen bisa mengenali merek saat mereka melihat suatu produk.
Hal yang kedua mesti dilakukan untuk mencapai brand awareness, yakni konsep mulai mengingat nama merek.
BACA JUGA:Resmi, Muhammadiyah Tetapkan Puasa Ramadan 2024 pada Senin 11 Maret 2024, Juga Idul Fitri
Setelah mulai mengingat nama merek berhasil, langkah ketiga pastikan merek sudah diingat oleh konsumen.
Min awareness atau merek sudah diingat oleh konsumen tidak hanya hafal atau mengingat suatu merek saja.
Tapi lebih sering menyebutkan merek tersebut dibanding dengan produk atau barang lain.
Jadi kesimpulannya, apakah suatu merek produk jika ingin dikenal harus mudah diingat dan selalu diingat? Belum tentu, karena sifat dasar konsumen selalu melihat mutu dan kualitas jika akan membeli suatu produk.
BACA JUGA:Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Rambutan, Yuk Cari Tahu Faktanya
Demikian ringkasan mengenai kenapa air mineral, mie instan dan pasta gigi identik dengan Indomie, Pepsodent serta Aqua. Tapi perlu diingat ya guys, beda orang beda pendapat.