Ketika dihadapkan dengan gadget selama berjam-jam perhari, bukan hal yang tidak mungkin jika anak menjadi lebih agresif.
Salah satu bentuk, agresivitas yang paling umum di kalangan balita adalah tantrum. Tantrum adalah kondisi saat seorang anak menunjukkan ledakan kemarahan dan frustasi yang tidak terkendali.
Seiring bertambahnya usia anak-anak yang kecanduan gadget lebih mungkin untuk menentang dan tidak mematuhi orang tua.
Oleh karena itu, sebaiknya mulai hari ini, kendalikan anak dengan melakukan aktivitas yang dapat mengalihkan perhatiannya dari gadget.
4. Kurang interaksi dengan orang sekitar hingga mengganggu keterampilan komunikasi anak
Bermain gadget membuat anak lebih senang bermain sendiri. Anak-anak yang banyak menghabiskan waktu dengan gadget, menyebabkan interaksi dengan orang sekitar menjadi lebih sedikit.
BACA JUGA:Mudah dan Praktis, ini Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Secara Online Melalui Handphone
Hal tersebut dapat menghambat interaksi dan mengganggu keterampilan komunikasi pada anak balita. Kondisi tersebut sering terjadi.
Orang tua member gadget pada anak agar mereka tenang bermain sendiri.
5. Kurang waktu Istirahat yang dapat membuat anak cepat marah.
Anak seharusnya memiliki waktu tidur lebih banyak ketimbang orang dewasa. Jika terus bermain gadget, mereka akan kehilangan waktu yang sangat dibutuhkan untuk beristirahat.
BACA JUGA:5 Cara Berhenti Kecanduan Onani, Cukup Lakukan Hal ini
Anak harusnya memiliki waktu tidur lebih banyak ketimbang orang dewasa, jika terus bermain gadget mereka akan kehilangan waktu yang sangat dibutuhkan untuk beristirahat.
Karena tanpa istirahat yang cukup, anak bisa saja menjadi lebih agresif dan cepat marah.
Sudah seharusnya orang tua berperan aktif dalam mengawasi dan mengendalikan anak dalam menggunakan gadget.
Itulah beberapa pengaruh psikologi yang dapat dialami oleh anak yang sering bermain gadget. Ingat, pengaruh gadget terhadap psikologi anak dipengaruhi oleh peran orang tua. Jika orang tua memprioritaskan tumbuh kembang anak, hal tersebut tidak akan terjadi. Semoga bermanfaat (*)