Tutorial Lengkap Pendaftaran CPNS 2023, Wajib Tahu Bagi yang Pertama Kali Mendaftar

Selasa 22-08-2023,15:37 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : Endang Kusmadi

Persiapan Dokumen

1. Sebelum mendaftar pastikan anda memiliki dokumen yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran di akun SSCASN yaitu KTP asli, pas foto, selfie dengan identitas dan bukti pendaftaran akun, ijazah asli, transkip nilai asli, surat lamaran yang di tandatangani, dokumen pendukung lainnya.

BACA JUGA:9 Referensi Formasi untuk Persiapan CPNS BIN 2023, Simak Informasinya

2. Berkas yang di upload harus memiliki format pdf.

Proses pendaftaran cpns dilaksanakan secara terbuka melalui situs resmi sscasn.bkn.go.id.

Pertanyaannya adalah apakah kalian calon pelamar cpns 2023 ini sudah mengetahui secara rinci mengenai tata cara pendaftaran cpns.

Oleh karena itu, melalui informasi ini akan memberikan beberapa rincian mengenai proses pendaftaran cpns yang harus dilakukan:

BACA JUGA:Kriteria Jabatan Formasi CPNS 2023 untuk Disabilitas, Berikut Cara Buat Surat Keterangannya

Pendaftaran CPNS di sscasn.bkngo.id

1. Hal yang harus dilakuan adalah, pertama kali melakukan pendaftaran di situs https://sscasn.bkn.go.id kemudian gunakan NIK dan Password yang telah didaftarkan sebelumnya.

2. Selanjutnya, adalah mengupload foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan Kartu informasi akun yang sudah dibuat sebelumnya, jika sudah anda bisa melanjutkan tahap berikutnya.

3. Lengkapi biodata, proses yang harus dilakukan adalah melengkapi biodata yang ada di web sscasn.bkn.go.id agar tidak terjadi  kesalahan sebelum melanjutkan tahap berikutnya periksa dan pastikan semua berkas sudah diisi dengan benar.

4. Pilih instansi, jenis formasi dan jabatan yang diminati, pelamar hanya diperbolehkan memilih 1 instansi, 1 formasi dan 1 jabatan saja, jika ditemukan lebih dari satu kali mendaftar maka peserta akan di diskualifikasi.

BACA JUGA:Ketahuilah Pilihan Jurusan Kuliah ini yang Bisa Jadi CPNS Kementerian Perhubungan, Berikut Daftarnya

5. Cek resume yang harus diperhatikan adalah, pastikan bahwa data yang telah diisi semua dengan benar dan pastikan juga instansi, formasi dan jabatan yang dipilih sudah benar.

6. Kirim data untuk mengirim silahkan klik simpan pada data yang telah di cek di resume dan pastikan bahwa data tersebut terisi dengan lengkap dan benar.

Kategori :