Industri Apa Saja yang Perlu Menggunakan Sistem ERP?

Kamis 27-10-2022,08:00 WIB
Reporter : Endang Kusmadi
Editor : Endang Kusmadi

 

●         Konstruksi, Proyek & Pembangunan Infrastruktur

 

●         Makanan & Minuman

 

●         Pariwisata seperti Restoran, Perhotelan atau Penginapan

 

●         Kesehatan seperti Rumah Sakit & Manufaktur Obat-obatan

 

●         Pertambangan

 

●         Perkebunan

 

●         Ekspor – Impor karena membutuhkan IT inventory untuk Kawasan Berikat

 

●         Pemerintahan untuk mengelola pembelian pengadaan barang atau administrasi lainnya

 

Setiap perusahaan atau organisasi tentunya mengelola karyawan, membeli produk atau jasa, menjual atau mendistribusikan sesuatu, dan mencatat keuangan.

 

ERP memungkinkan perusahaan dari segala industri untuk mengintegrasikan dan mengelola seluruh fungsi dasar tersebut.

 

Bagaimana sistem ERP Dapat Membantu Kegiatan Operasional Perusahaan?

 

Keputusan yang sudah diambil di tingkat manajemen tidak dapat dikompromikan. Hal ini bisa menjadi suatu masalah bila ternyata ada data yang salah atau tidak lengkap yang dikumpulkan secara manual atau menggunakan software yang tidak tepat sehingga bisa merugikan reputasi perusahaan dan tentunya dapat menghamburkan banyak biaya.

 

ERP merupakan solusi terbaik untuk sistem informasi dengan biaya yang efektif karena perangkat lunak ini memiliki data tingkat modul pada berbagai departemen atau divisi yang ada di perusahaan serta data tingkat tinggi yang terintegrasi untuk manajemen sehingga dapat membantu mereka menentukan perencanaan sumber daya, penganggaran, dan pemotongan biaya sesuai kebutuhan.

 

Sebagai contoh, misalnya ada suatu organisasi atau perusahaan yang menggunakan perangkat lunak akuntansi dan perangkat lunak penjualan secara terpisah.

 

Setiap kali manajemen perlu memeriksa ulang biaya untuk sales beserta penerimaan hasil, mereka harus melakukannya secara manual sehingga memakan waktu yang cukup lama.

 

Jika ada beberapa informasi penting yang terlewatkan, tentunya hal ini akan berpengaruh pada keputusan manajemen di masa yang akan datang.

Kategori :