Tiga Fakta Bangunan Sekolah Ulil Albab Roboh Tewaskan Pekerja di Palembang

Sabtu 02-07-2022,06:21 WIB
Editor : Endang Kusmadi

LINGGAUPOS.CO.ID - Bangunan tiga lantai milik Sekolah Islam Terpadu (SIT) Ulil Albab di Jalan Sematang Borang, RT 18/07, Kelurahan Sako, Kecamatan Sako, Palembang, Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 17.30 WIB roboh.

Seorang pekerja bangunan tersebut, yakni Agus Nuzlan (42), warga Desa Tanjung Atap Timur, Kecamatan Tanjung Batu, Ogan Ilir meregang nyawa secara tragis.

Korban Agus saat ditemukan di samping bangunan dengan kondisi kepala pecah tertimpa runtuhan bangunan.

Korban yang meninggal dunia berhasil dievakuasi oleh tim gabungan dan dibawa ke RS Bhayangkara M Hasan Palembang untuk kepentingan lebih lanjut.

Sementara, satu korban lagi yang berinsial RR (15) mengalami luka serius langsung dilarikan ke RSMH Palembang.

Berikut tiga fakta terkait peristiwa tersebut:

Korban Agus Baru Sehari Bekerja

Beberapa pekerja bangunan tersebut termasuk Agus Nuzlan dan RR baru sehari bekerja di bangunan itu.

Agus bekerja memasangkan kusen pintu dan jendela di sekolah tiga lantai itu

Bangunan Sudah Beberapa Tahun Mangkrak

Selain itu juga diinformasikan bahwa Agus yang baru sehari bekerja memasangkan kusen pintu dan jendela, di sekolah tiga lantai yang sempat terhenti pembangunannya selama beberapa tahun akibat ditinggalkan tukang.

“Bapak rencananya masu mandi minta nyalakan mesin air, tetapi tiba-tiba bangunan roboh. Saat menunggu air itulah bapak mengerjakan kusen,” terang Angga Saputra (17) salah seorang pekerja.

Tidak Memiliki IMB

Hasil pemeriksaan sementara pihak Kecamatan Sako, SIT Ulil Albab tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 

"Setelah dicek Dinas PUPR, bangunan berlantai 3 ini tidak mengantongi surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)," ujar Camat Sako Palembang Amirudin Sandy, Jumat (1/7) malam. 

Terkait belum adanya IMB ini, pihaknya sudah berkoordinasi ke kepolisian. Kata Aminudin, rencananya Sabtu (2/7/2022), puing-puing, reruntuhan bangunan akan dibersihkan. Ini untuk mengecek kondisi di dalam reruntuhan. (sumeks)

Kategori :