Wawako Lubuklinggau Kukuhkan Forum Genre dan Duta Genre se-Kota Lubuklinggau

Wawako Lubuklinggau Kukuhkan Forum Genre dan Duta Genre se-Kota Lubuklinggau

Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar mengukuhkan Forum Generasi Berencana (Genre) dan Duta Genre tingkat Kelurahan serta Penyuluh Kesehatan Reproduksi Remaja di Auditorium Bukit Sulap Lt. 5 Perkantoran Wali Kota Lubuklinggau, Jumat 3 Maret 2023.--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar mengukuhkan Forum Generasi Berencana (Genre) dan Duta Genre tingkat Kelurahan serta Penyuluh Kesehatan Reproduksi Remaja di Auditorium Bukit Sulap Lt. 5 Perkantoran Wali Kota Lubuklinggau, Jumat 3 Maret 2023.

Wawako dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada forum genre dan duta genre tingkat kelurahan dalam wilayah Kota Lubuklinggau yang telah dikukuhkan.


Kepala DPPKB Lubuklinggau, Henny Fitrianty saat menyampaikan laporan pada pengukuhan Forum Generasi Berencana (Genre) dan Duta Genre tingkat Kelurahan serta Penyuluh Kesehatan Reproduksi Remaja, Jumat 3 Maret 2023.--

 

“Semoga keberadaan forum ini mampu berperan dalam memperjuangkan pemenuhan hak-anak dan mewujudkan partisipasi anak dalam proses pembangunan serta menjadi garda terdepan dalam mensukseskan program keluarga berencana nasional,”katanya.

 

H Sulaiman Kohar menjelaskan dimulai dengan menunda pernikahan sampai cukup umur yakni di atas 21 tahun, maka persiapkan sesuatunya dengan baik karena pernikahan tak cukup dengan cinta, namun berusaha terlebih dahulu untuk menggapai cita-cita supaya kelak sangat siap untuk menikah dengan membekali diri dan kematangan baik secara fisik, mental maupun ekonomi sehingga dapat terbangun keluarga berkualitas.

 

“Semoga para generasi muda dapat berperan aktif dalam menurunkan angka stunting, namun diperlukan pencegahan sejak dini agar angka stunting tidak membludak dan teratasi sejak dini,” harapnya.

 

Menurutnya, generasi berencana sangat penting. Apabila tidak direncanakan, maka sangat rentan terjadi perceraian dan anak pun ikut terlantar.

BACA JUGA:Wali Kota Lubuklinggau Optimis Lubuklinggau Zero Stunting

 

Kondisi ini mengakibatkan kualitas SDM generasi penerus menurun.

 

Sementara itu Kepala DPPKB Lubuklinggau, Henny Fitrianty dalam laporannyamenyampaikan pembinaan ketahanan remaja merupakan program yang dikembangkan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja agar mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai fase reproduksi sehat.

 

Upaya tersebut sambungnya dilakukan dengan pemberian akses informasi, pendidikan, konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga sebagaimana tertuang dalam pasal 48 UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.        

 

Kepala BKKBN Provinsi Sumsel, Mediheryanto, SH, MH mengatakan,"Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkot Lubuklinggau yang telah memfasilitasi dan mengukuhkan Forum Genre dan Duta Genre,"katanya.

BACA JUGA:DPPKB Lubuklinggau Sukses Gelar Pertemuan TPPS, Satuan Tugas Stunting dan Lintas Sektor

 

“Forum genre merupakan fasilitasi para remaja untuk mewujudkan generasi berencana, dapat mencegah stunting, motivator, tauladan, penggerak sera contoh dilingkungannya,”ungkapnya.

 

Menurutnya, mereka adalah calon kepala keluarga dan ibu rumah tangga agar tercipta keluarga berkualitas dan berencana, dimulai dengan pendidikan setelah itu mencari pekerjaan.

 

"Jadi jangan menikah dulu kalau belum bekerja. Usia matang minimal 25 tahun untuk laki-laki dan perempuan 21 tahun,”jelasnya.

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyuluhan terkait kesehatan reproduksi remaja oleh Ketua TP PKK Lubuklinggau Hj Yetti Oktarina Prana.

BACA JUGA:DPPKB Lubuklinggau Laksanakan Pendidikan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin

 

Hadir dalam acara tersebut, Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kahlan Bahar, Ketua GOW Lubuklinggau, Hj Sri Haryati Sulaiman, mewakili Kadinkes, mewakili Kadis Dikbud, dan Kepala DP3APM Lubuklinggau, Heri Suryanto.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: